Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tanaman Herbal Berkhasiat

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah dan tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan mencegah dari penyakit.

Selain itu tanaman herbal juga dapat tumbuh subur di Indonesia karena memiliki iklim tropis sehingga tanaman yang ditanam dengan baik dapat tumbuh dengan cepat.

Tentunya kalian sudah tidak asing dengan 5 Herbar Berkhasiat yang akan Wardavy jelaskan kali ini.

1. LENGKUAS

Tanaman yang dapat dijadikan rempah-rempah dalam memasak ini memiliki banyak manfaat jika digunakan untuk kesehatan.

Manfaat Lengkuas dapat mengatasi masalah campak yang sudah ditulis oleh Thomas, A.N.S dalam bukunya dengan cara parut 4 rimpang lengkuas dengan ukuran sebesar ibu jari kemudian dicampur dengan 1 sendok teh minyak kayu putih dan 2 sendok teh minyak gondopura, lalu campur semua bahan dan oleskan keseluruh tubuh yang terkena campak.

LIHAT JUGA : 20 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Kemudian dapat mengatasi masalah vitalitas dan kesuburan pria, menurunkan kolesterol, meringankan batuk dan sakit pada tenggorokan, dan dapat mengurangi dampak penyakit asma karena efek antispasmodik yang dimilikinya dapat mengurangi dahak serta melebarkan bronkiolus untuk mengurangi kadar asam.

2. KUNYIT

Di Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini karena selain dijadikan rempah untuk makanan, Kunyit juga dapat dijadikan pewarna alami.

Selain itu Kunyit juga memiliki banyak manfaat seperti untuk menjaga kesehatan perut, mengobati flu, sebagai anti mikroba, mengurangi nyeri haid, sebagai pembersih darah, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu banyak penjual jamu yang menjadikan Kunyit sebagai bahan jamunya, meski rasanya kurang enak namun khasiat yang dimilikinya jauh lebih bermanfaat.

3. JAHE

Kemudian ada Jahe yang sama bermanfaatnya dengan 2 rempah sebelumnya karena sering dijaikan berbagai macam jamu dan tidak jarang juga dijadikan minuman seperti wedang jahe, susu jahe madu, dan lainnya tergantung selera.

Manfaat jahe untuk kesehatan tidak bisa disepelekan karena jahe dapat membantu menjaga gangguan pencernaan, mencegah mual atau muntah pada saat perjalanan, melancarkan peredaran darah, dan menyembuhkan batuk.

Bahkan untuk para wanita yang sering merasa sakit pada saat haid bisa menggunakan jahe untuk mengurangi rasa nyeri saat haid dan meringankan nyeri pada otot.

4. LIDAH BUAYA

Lidah Buaya memang bukan berasal dari Indonesia namun sudah banyak di budidayakan di Indonesia sehingga sudah tidak sulit menemukannya disekitar kita.

Lidah Buaya selain dijadikan herbal atau obat juga dapat dijaikan bahan kosmetik karena memiliki vitamin yang cukup lengkap seperti Vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, dan Folic Avid.

BACA JUGA : 

Selain itu juga terdapat Calsium, Magnesium, Potassium, Soium, Iron, Seng, berbagai Enzim dan Asam Amino seperti Arginin, Aspargin Aci, Serine, Threonin dan lainnya.

Karena banyaknya kandungan yang ada di tanaman lidah buaya inilah yang dijadikan sebagai bahan berbagai macam kosmetik dan obat.

Kandungan yang ada pada lidah buaya dapat menjaga kesehatan kulit, menurunkan gula darah, membantu mengatasi masalah kulit, memberi nutrisi pada rambut, dan mencegah dehidrasi.

Oleh karena itu kini Aloe Vera atau lidah buaya ini juga sudah diolah sebagai menu makanan dan minuman seperti Nata De Coco.

5. ALANG-ALANG

Memang masih belum banyak yang mengetahui manfaat dari tanaman herbal yang satu ini karena tidak sepopuler 4 tanaman diatas.

Namun Alang-alang memiliki manfaat yang tidak bisa disepelekan karena dapat mengobati mimisan, mengatasi keputihan pada wanita, obat hipertensi, mengatasi kencing manis, dan dapat mengobati muntah darah.

Berikut 5 Tanaman Herbal yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Posting Komentar untuk "5 Tanaman Herbal Berkhasiat"