Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Siasat Menjaga kesehatan Tubuh Agar kebal dari Serangan Penyakit

Memiliki tubuh sehat tentunya keinginan semua orang, namun apakah kamu tau bagaimana cara mendapatkan kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit???

Kali ini akan dibahas mengenai cara atau siasat yang bisa kamu terapkan agar mendapat kesehatan dari berbagai serangan penyakit. 

Berikut 10 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh : 

1. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu Anda menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah peercobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Dalam penelitian ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan potein permukaan sel sebesar 70-80 persen.

2. Konsumsi vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Anda juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah Anda, Namun sebelum mengnsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

LIHAT JUGA : 5 Jenis Penyakit Kejiwaan dan Penyebabnya

3. Olahraga rutin

Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Anda bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

4. Minum teh hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid, Sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Maka itu, karena mudah untuk dilakukan cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sudah banyak dilakukan.

5. Berpikiran Positif (Positive Thinking)

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat maksud dari kalimat ini, jika di dalam jiwa seseorang sehat (positive thingking) maka tubuh pun akan sehat. 

Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. 

Untuk itu, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan dan kesehatan kita, karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stress sehingga kita harus menghindarinya.

Kita juga harus menjauhi orang-orang dengan pola pikir negatif. Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. 

Ini tentu menjadikan kita tidak perlu untuk mendekati Orang-orang berpikiran negatif yang akan meracuni pikiran kita dengan segala pemikiran yang dapat menyebabkan stres yang berdampak buruk untuk kesehatan Anda.

 


6. Kendalikan Stres

Kelola emosi dengan baik, Jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya. 

Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain, Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya.

Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.

Maka dari itu, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. 

Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjadi depresi, Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. 

Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri dan Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan, lalu agar terhindar dari depresi ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi stress yang efektif.

7. Kenali bahasa tubuh

Kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat, Tanggapi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh.

Kita harus sadar bahkan untuk hal kecil sekalipun, misal mata yang terasa perih dan berair ketika bekerja di depan komputer, itu berarti mata kita sudah lelah dan butuh istirahat dan Jangan paksakan kalau tidak ingin mengalami gangguan pada mata.

Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. 

Istirahat yang cukup dan teratur merupakan kunci sehat yang harus kita lakukan, Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7 sampai 8 jam perhari terpenuhi dan Jangan kurang dan jangan berlebihan, sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

Karena Banyak orang yang terkena penyakit sebab jam tidur mereka serampangan dan tidak berkualitas.

Mereka banyak yang tidur sudah larut malam kemudian bangun terlalu pagi alasan pekerjaan membuat mereka melakukan pola hidup yang tidak sehat. 

BACA JUGA : 

Setelah seharian bekerja, tubuh kita perlu istirahat agar organ yang ada di dalam tubuh juga tidak bekerja terlalu keras.

 Ada banyak sekali penyakit akibat kurang tidur yang mengintai orang dengan jam tidur yang tidak cukup.

Dan pada saat tidur, alangkah baiknya jika tidur dengan lampu tidak menyala dan tingkatkan kualitas tidur kita dengan tidur tanpa bantal. 

Tidak hanya pada malam hari saja, tidur di siang hari pun akan sangat memberi manfaat bagi tubuh kita.

8. Konsumsi Probiotik

Salah satu cara menjaga kesehatan yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit dan  Makanan yang mengandung probiotik antara lain tempe dan yoghurt.

9. Hindari Alkohol dan Rokok

Minum alkohol dapat merusak komponen penting dari sistem kekebalan tubuh atau sel dendritik, tah hanya itu Minum alkohol dapat menimbulkan masalah ginjal, hati, hingga kanker dan Selain alkohol, rokok dapat memicu penyakit pernapasan, kardiovakular, hingga kanker.

10.
Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar merupakan cara menjaga kesehatan, Mandilah setiap hari, cuci tangan sebelum makan, dan setelah makan.

Selain itu, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin ajari anak untuk melakukan ini agar tubuhnya terlindungi dari penyakit.

Posting Komentar untuk "10 Siasat Menjaga kesehatan Tubuh Agar kebal dari Serangan Penyakit"