Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Buah mangga banyak mengandung sejumlah nutrisi yang snagat baik untuk tubuh, Simaklah banyak beragam manfaat buah mangga untuk kesehatan dan ibu hamil berikut ini.

Mangga merupakan buah tropis yang manis yang memeiliki warna orange kekuningan yang cerah  Buah mangga dapat dimakan selama kehamilan, ada banyak manfaat buah mangga untuk ibu hamil.

Mangga banyak akan zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium dan asam folat tentu nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. 

Namun, karena kadar gula yang tinggi dalam mangga, ibu hamil mungkin disarankan untuk menghindari mangga jika dia mempunyai diabetes gestasional.

Berbagai manfaat buah mangga untuk ibu hamil dapat disimak sebagai berikut :

1. Mengandung Asam Folat Untuk Perkembangan Janin

Asam folat dalam buah mangga bermanfaat untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil, asam folat sangat membantu perkembangan otak dan tulang belakang janin.

LIHAT JUGA : 15 Penyakit Pada Ibu Hamil

2. Bermanfaat Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan vitamin A dan C dapat menjadikan manfaat buah mangga baik untuk ibu hamil. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata, pertumbuhan sel, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Menurut yang di rekomendasikan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019, ibu hamil disarankan mencukupi kebutuhan vitamin A sebanyak 900 microgram (mcg) setiap harinya.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah mangga adalah sumber serat yang baik sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil, 
dapat Membantu pencernaan dan mampu mencegah sembelit pada ibu hamil selama trimester pertama dan beberapa masalah pencernaan mungkin akan terjadi selama kehamilan.

4. Memberikan Antioksidan Yang Berlimpah

Manfaat dalam buah mangga untuk ibu hamil dapat dirasakan dengan kandungan antioksidannya yang sangat berlimpah. 

Mangga banyak akan beta-karoten yang merupakan antioksidan, antioksidan dalam buah mangga telah terbukti melawan radikal bebas, yaitu penyebab sakit kanker dan kerusakan sel.


5. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Manfaat dalam buah mangga dapat menyeimbangkan cairan tubuh ibu hamil, ketika volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh ibu hamil akan membutuhkan mineral tambahan. 

Buah mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh hamil.

Selama kehamilan, dehidrasi sangat berbahaya bagi ibu hamil karena air dan elektrolit sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mangga adalah sumber nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Vitamin C di dalam buah mangga bermanfaat untuk membantu tubuh mengkonsumsi lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit, membantu sel-sel bekerja lebih efektif dan meningkatkan pertahanan kulit

7. Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat dalam buah mangga lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung melalui kandungan nutrisinya.

Kandungan magnesium dan potasium dalam mangga berfungsi membantu untuk menjaga denyut nadi secara sehat dan agar pembuluh darah rileks, sehingga menurunkan tekanan darah.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Mangga adalah sumber vitamin A yang baik, dapat mampu menjaga kesehatan mata yang mana Mangga dapat membantu zat lutein dan zeaxanthin dalam retina mata.

Di dalam retina, lutein dan zeaxanthin bertugas sebagai tabir surya alami yang menyerap cahaya berlebih. Selain itu, senyawa tersebut dapat melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya.

BACA JUGA : 

9. Membantu Menurunkan Kolestrol

Mangga memiliki tingkat serat makanan yang sangat tinggi, pektin, dan Vitamin C yaitu pektin membantu untuk menurunkan kadar kolesterol lalu zat ini mengikat asam empedu di usus kecil Anda, sehingga dapat menyeimbangkan kadar kolesterol.

10. Mencegah Kangker

Mangga banyak akan zat yaitu bernama polifenol, yang merupakan studi mampu mengurangi stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan atau menghancurkan berbagai sel-sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar, paru-paru, prostat, serta kanker payudara.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil"