Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya ( Aloe Vera )

Lidah buaya (Aloe Vera) telah dipergunakan untuk banyak keperluan selama berabad-abad. 

Lidah buaya diduga berasal dari kepulauan canary disebelah barat Afrika yang telah dikenal sebagai obat & kosmetik sejak beradab-adab silam.

Baik diaplikasikan atau dikonsumsi secara langsung, aloevera adalah tanaman yang kaya akan manfaat karena dapat menyelesaikan masalah. 

Wajar saja bila Aloe Vera memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sebab tanaman ini ternyata kaya akan vitamin, dan berbagai mineral yang baik untuk tubuh.

Berikut kandungan yang terdapat dalam Aloe Vera :

  • Vitamin (A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, Folic Avid)
  • Mineral ( Calsium, Magnesium, Potassium, Sodium, Iron, Seng, Chromium)
  • Enzim (Amylase,  Catalase, Selulose, Carboxypapilase, Carboxyhelulose, Brakadinase)
  • Asam Amino (Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonin, Glycine, Phenyl Alanine, histidine, Isoliucine)

Secara umum, fakta bahwa Aloe Vera baik  untuk kulit mungkin sudah umum diketahui. Namun tak banyak yang benar-benar memahami ragam manfaat apa saja yang sebenarnya ditawarkan tumbuhan tropis satu ini.

Adapun bagian-bagian lidah buaya yang dapat dimanfaatkan yaitu gel dan lateks. gel diperoleh dari sel-sel yang tepat berada dibawah lapisan kulit lidah buaya. 

Gel lidah buaya yang berwarna bening seperti jeli ini sering digunakan sebagai kandungan utama pada salep, losion, krim dan sebagainya.

Sedangkan lateks sendiri bisa diolah untuk membuat zat-zat kering, seperti suplemen.

LIHAT JUGA : 7 Cara Cegah Penyakit Cacing dan Jenis Cacing Penyebab Cacingan

Aloe Vera kerap digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan, seperti sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi dan kolik.

Selain itu aloevera juga umum dipakai sebagai bahan produk kosmetik, farmasi dan juga makanan. 

Berikut Beberapa manfaat Aloe Vera bagi kesehatan : 

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Berkat kandungan antioksidan, vitamin, mineral serta enzim, getah dari Aloe vera bisa menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit secara alami.

Selain itu Aloe vera mampu melindungi sel-sel kulit, menangkal efek radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah dan mencegah resiko munculnya tanda-tanda penuaan dini.  

2. Menurunkan Gula Darah

Penderita diabetes hendaknya tidak bisa asal mengkonsumsi asupan makanan maupun minuman. 

Konsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Meski begitu, konsumsi lidah buaya bersamaan dengan obat diabetes tidak dianjurkan karena dapat menurunkan gula darah pada tingkat yang berbahaya.

4. Membantu Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Lidah buaya mengandung zat anti inflamasi dan antimikroba. Senyawa tersebut berguna untuk meredakan keluhan pada kulit misalnya peradangan alias jerawat, dermatis (eksim), iritasi akibat terbakar sinar matahari. 

BACA JUGA :

Fungsi lain dari lidah buaya untuk wajah yaitu mencegah keriput, mengatasi iritasi kulit, sebagai krim pencukur alami, mengobati luka bakar dengan mempersingkat waktu penyembuhan dan pembersih make up alami.

5. Menutrisi Rambut

Bukan cuma mengandung vitamin A, C dan E, lidah buaya juga mengandung vitamin B12 serta folat yang berguna mendorong pertumbuhan rambut sehat juga berkilau.

Anda dapat menggunakan aloe vera sebagai masker untuk rambut, karena manfaat lain dari aloe vera ini adalah untuk mencegah rambut rontok dan memperbaiki kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari.

6. Mencegah Dehidrasi

Aloe vera banyak mengandung air, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi. 

Selain itu jus aloe vera sangat cocok untuk anda yang melakukan aktifitas fisik karena dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah melakukan aktifitas fisik.

Seperti itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan silahkan cek artikel-artikel lainnya di website ini. 

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya ( Aloe Vera )"