Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

 Banyak orang yang tidak tahan berlama-lama menderita Sakit Gigi.

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar rahang yang mempunyai tingkat keparahan bervariasi.

Umumnya nyeri sakit gigi bisa terasa secara terus menerus. Dan bisa terasa ketika pengidap mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin serta terjadi pada malam hari.

PENYEBAB SAKIT GIGI

Nyeri akibat sakit gigi biasanya muncul sebagai penyakit, baik pada rongga mulut, maupun bagian tubuh lainnya. Kerusakan gigi adalah penyebab utama sakit gigi pada sebagian besar anak-anak dan orang dewasa.

Bakteri yang hidup di mulut bertumbuh dengan baik dari gula atau sari dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Bakteri ini kemudian membentuk plak lengket yang menempel pada permukaan gigi, asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat menikis lapisan putih keras di bagian luar gigi (Enamel) dan menciptakan rongga atau menghasilkan lubang pada bagian terluar gigi.

Dalam tahap awal mungkin tidak akan merasakan gejala sakit gigi, namun ketika kerusakan gigi sudah meluas dan lubang yang muncul juga bertambah besar, maka anda akan merasakan sakit.

Adapun penyebab lainnya antara lain:

      1. Erosi Pada Gigi

Erosi gigi merupakan pembentukan rongga di permukaan luar (enamel gigi) akibat penumpukan plak. Saat plak menumpuk, ia menghasilkan asam yang menyebabkan terjadinya lubang pada gigi sehingga enamen gigipun rusak.

      2. Impaksi Gigi Bungsu

Impaksi adalah istilah yang dikenal sebagai kondisi ketika gigi bungsu tumbuh tidak biasa atau miring, hal tersebut dapat menyebabkan nyeri berdenyut tajam yang serting muncul tiba-tiba.

      3. Sinusitis

Gejala sinustis bisa membuat gigi dan rahang berdenyut intens. Sebab, gigi belakang atas berbagi jalur saraf yang sama dengan rongga sinus.

      4. Mengalami Keretakan Pada gigi

Gigi retak juga bisa menyebabkan rasa sakit yang tajam ketika mengunyah makanan, Keretakan gigi dapat terjadi karena cedera di area mulut, menggigit benda yang terlalu keras hingga kebiasaan menggertak gigi (Bruxism).

      5. Pulpiptis

Pulpiptis adalah peradangan yang terjadi dibagian pulpa. Pulpa adalah bagian terdalam gigi yang terdapat banyak sekali saraf dan penghubung darah.

CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Sakit gigi kadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter. Di saat inilah cara mengobati sakit gigi yang alami dan obat-obatan darurat diperlukan untuk meringankan rasa nyeri  dan nyut-nyutan.

      1. Kumur Air Garam

Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan.

Caranya yaitu : Siapkan garam dapur secukupnya, 10 gram kunyit, 25 gram akar sidh dan 50 gram daun sidh, Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air, sampai tinggal separuhnya Setelah itu minumlah airnya.


Atau jika bahan diatas susah di dapat anda bisa menggunakan 1/2 buah pinang, garam secukupnya, 10 gram kunyit dan 50 gram meniran. Lalu tumbuklah sampai halus semua bahan-bahan tersebut dan diseduh dengan segelas air menfidih kemudian disaring, dan Minumlah secara teratur.

     2. Memakai Minyak Cengkeh

Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh terbukti efektif sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Sebagai antiseptik alami, eugenol juga menekan risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, cukup dengan meneteskannya pada kapas/katembat yang disentuhkan pada bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang.

Cara lainnya adalah melarutkan minyak cengkeh dalam segelas air dan digunakan sebagai obat kumur. Penggunaan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi tidak disarankan untuk anak karena beresiko menelan terlalu banyak.

      3. Kompres Menggunakan Es

Cara mengobati sakit gigi yang ampun dan alami pertama adalah menggunakan kompres es. Caranya adalah es dibungkus handuk dan disentuhkan pada bagian yang membengkak akibat sakit gigi biasanya area wajah atau rahang. Kompres selama 15-20 menit.

      4. Mengangkat Kepala

Dalam beberapa kasus, mengangkat kepala efektif sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami. Cara ini biasanya diterapkan saat sakit gigi menyerang di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur.

Cara mengaplikasikannya yaitu menggunakan bantal tambahan saat hendak istirahat malam. Kepala yang terangkat mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area mulut dan kepala. Hasilnya rasa sakit bisa lebih ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi pembengkakan.


Temui dokter jika mengalami sakit gigi yang terus-menerus untuk mencari tahu penyebabnya dan kemudian obati secara tepat. 

Biasanya hal yang dilakukan oleh dokter adalah melakukan pemeriksaan fisik sembari menanyakan riwayat kesehatan serta gejala yang dialami kemudian memeriksa bagian tenggorokan, sinus, telinga, dan hidung. Kadang-kadang melakukan pemeriksaan dengan rangsangan gigi, seperti dengan suhu dingin, menggigit atau mengunyah sesuatu.

Bahkan jika dibutuhkan, dokter akan meminta pasien menjalani pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen gigi dan CT scan.

Posting Komentar untuk "PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI SAKIT GIGI"