Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Lengkuas atau lengkoas adalah rempah-rempah asli dari Asia yang tergabung dalam keluarga Zingiberaceae seperti jahe dan kunyit. 

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai penyedap makanan karena mengandung banyak vitamin dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan. Adapun kandungan tersebut antara lain :

  • Vitamin C
  • Protein
  • Mineral
  • Serat
  • Kalori dan 
  • Karbohidrat
  • Selain itu, lengkuas juga mengandung efek antioksidan yang sangat kuat, terutama agen polifenol.

MORFOLOGI TANAMAN LENGKUAS

  • Kingdom      : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermathophuta (Tumbuhan Berbiji)
  • Divisi            : Magnoliophuta (Tumbuhan Berbunga)
  • Kelas            : Liliopsida ( berkeping satu, monokotil)
  • Subkelas       : Commelinidae
  • Ordo             : Zingiberales
  • Famili           : Zingiberaceae (Suku jahe-jahean)
  • Genus           : Alpina
  • Spesies         : Alpina Galangan

Adapun ciri-ciri dari lengkuas yaitu memiliki warna kekuningan hingga coklat muda, terkadang ada semburat merah muda di kulitnya, tekstur kulit lengkuas agak kasar, memiliki alur ruas yang jelas dan, tekstur kulit yang tebal.

Rimpang lengkuas cukup besar dan tebal serta berdaging dengan bentuk silindris berdiameter sekitar 2-4 cm serta bercabang-cabang.

Bagian rimpang luarnya memiliki warna coklat agak kemerahan atau kuning kehijauan agak pucat yang memiliki sisik berwarna putih atau kemerahan dan terlihat keras mengkilap, sedangkan pada bagian dalam rimpang ini berwarna putih untuk rimpang yang sudah tua berserat kasar.

JENIS LENGKUAS

Di Indonesia terdapat 2 jenis lengkuas yang tumbuh, yaitu lengkuas putih dan lengkuas merah. 

1. Lengkuas Putih

Jenis lengkuas putih ini memiliki daging yang berwarna putih, tinggi tanamannya mencapai 3 meter, dan jenis lengkuas ini lebih banyak digunakan untuk bahan campuran makanan.

2. Lengkuas Merah

Jenis lengkuas merah ini dicirikan memiliki daging berwarna merah, tinggi tanaman mencapai 1-1,5 meter, lengkuas merah sering dijadikan obat sejak jaman nenek moyang kita.

MANFAAT LENGKUAS

Manfaat lengkuas untuk kesehatan tentu bukan hal asing, jika lengkuas selama ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Memang rempah yang satu ini  dapat memberikan citarasa yang lebih nikmat pada masakan.

LIHAT JUGA : REKOMENDASI MULTIVITAMIN UNTUK DAYA TAHAN TUBUH

Namun tahukah anda, ternyata lengkuas memiliki banyak manfaat lain, salah satunya untuk kesehatan. Manfaat lengkuas untuk kesehatan ternyata dapat menyembuhkan berbagai penyakit antara lain :

1. Mengatasi Campak

Dalam bukunya Thomas, A.N.S menyatakan bahwa lengkuas dapat mengatasi penyakit morbili atau campak. Berikut caranya :

Parut 4 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, dicampur 1 sendok teh minyak kayu putih, dan 2 sendok teh minyak  gondopura kemudian campurkan semua bahan tersebut, lalu oleskan ke seluruh bagian tubuh yang terkena campak.

2. Mengatasi Masalah Vitalitas dan Kesuburan Pria

Bagi pasangan yang sudah menikah, namun memiliki masalah vitalitas, cobalah menggunakan lengkuas sebagai obatnya. Lengkuas dapat membantu meningkatkan motilitas sperma sehingga lebih cepat melakukan pembuahan.

3. Menurunkan Kolesterol

Penelitian di China menyebutkan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol dan quercetin.

LIHAT JUGA : REKOMENDASI MULTIVITAMIN UNTUK DAYA TAHAN TUBUH

Bahkan penelitian di korea pun menyebutkan bahwa ekstrak lengkuas ini efektif untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida.

4. Meringankan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Mengkonsumsi air serapan lengkuas ternyata sangat mujarab untuk menyembuhkan batuk. Cara mengolahnya cukup sederhana antara lain:

Siapkan botol minum, kemudian potong lengkuas kecil-kecil, setelah itu masukan lengkuas kedalam botol tersebut. Lalu diamkan selama semalaman dan konsumsilah selama 3 kali berturut-turut hingga batuk reda.

 5. Mengurangi Penyakit Asma

Lengkuas memiliki kemampuan untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan sistem pernafasan. Efek antispasmodik yang dimilikinya dapat mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus untuk mengurangi kadar asam. 

Demikian juga sifat anti inflamasi ramuan bermanfaat dalam mengendalikan serta menyembyhkan kondisi seperti asma dan sindrom gangguan pernafasan akut.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan"