Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 TANAMAN YANG BERKHASIAT UNTUK KESEHATAN

Kesehatan merupakan salah satu bagian terpenting dalam hidup sebab jika tubuh sehat maka aktifitas apapun bisa dilakukan.

Dimasa pancaroba dan pandemi seperti saat ini tentunya tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan tentunya akan sangat dibutuhkan.

Berikut 20 Tanaman yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan :

1. SAGA MANIS  

Biasanya di manfaatkan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan sariawan, batuk, menyembuhkan diare dan wasir.

Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang sudah menjadikannya sebagai obat herbal alternatif untuk berbagai jenis penyakit.

2. LIDAH BUAYA 

Bermanfaat untuk kecantikan atau kesehatan rambut, penyembuhan luka, mengurangi peradangan namun ternyata juga bisa digunakan untuk obat.



3. LENGKUAS 

Rempah yang satu ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur tradisional.manfaat dari lengkuas antara lain untuk obat eksim, gastritis, kolera, demam, dan lain sebagainya.

4. CENGKIH 

Manfaat cengkih antara lain untuk obat sakit gigi, rematik, campak, penguat tulang, penyegar nafas, membasmi bakteri bahaya, penawar sakit maag dan bisa juga membuat ramuan tradisional.

5. KAYU MANIS 

Selain digunakan untuk penyedap makanan kayu manis biasanya di manfaatkan untuk tambahan makanan dan bermanfaat untuk mengatasi diare, rematik, dan sakit perut.

6. TEMU HITAM  

Bermanfaat untuk menambah nafsu makan, mengatasi batuk berdahak dan sesak napas dan bisa juga untuk membuat ramuan obat tradisional dari temu hitam.

7. KUNYIT  

Biasanya untuk meredakan nyeri haid atau sakit perut, mengobati luka, dan diare.

LIHAT JUGA : Jenis Kulit Wajah Dan Ciri-Cirinya

Kunyit juga dapat ditambahkan dalam masakan untuk menambah cita rasa dan warna pada makanan seperti membuat kuning pada nasi kuning, opor ayam, dan lainnya.

8. SERAI  

Bermanfaat sebagai mengatasin sakit gigi, peluruh haid, obat masuk angin, mengobati penyakit kulit, kaya antioksidan, mengurangi peradangan, mengurangi diare, meredakan strees atau kecemasan dan berguna untuk menghangatkan badan.

9. TEMULAWAK 

Tanaman yang bermanfaat untuk memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan nafsu makan, menurunkan lemak darah, mengurangi nyeri sendi dan tulang, memperbaiki fungsi hati sehingga bisa menyembuhkan penyakit liver dan serosis.

10. ALANG-ALANG

Rimpang alang-alang biasanya digunakan untuk untuk mengatasi infeksi saluran kemih, kencing darah, demam, mimisan, obat darah tinggi, bantu kesehatan jantung, mengobati diare, obat keputihan, obat asma dan muntah.

11. JAMBU BIJI MERAH 

Manfaat biji merah sangat beragam, mulai dari obat diare, peluruh haid, disentri, hinnga mengobati demam berdarah bisa juga digunakan untuk obat tradisional.

12. SIRIH  

Biasanya digunakan untuk obat kumur, mengatasi pendarah gigi, batuk, diare, penangkal kanker, membantu menurunkan depresi, meningkatkan energi, menurunkan kolestrol atau tekanan darah, mempercepat penyembuhan luka bakar dan alergi.

13. KENCUR  

Biasanya digunakan untuk meredakan flu dan batuk, memperlancar saluran pernafasan, mencegah kanker, mengobati kencing batu, mengobati diare dan meningkatkan nafsu makan.

14. MENGKUDU  

Biasanya digunakan pencegah radang usus dan lambung, membunuh bakteri jahat, melancarkan peradaran darah, menurunkan gula darah, bantu mengatasi arthritis, kekebalan tubuh, menurunkan kolestrol dan meningkatkan daya tahan saat berolahraga.

BACA JUGA : 

15. SELEDRI

Biasanya digunakan untuk obat asma, obat rematik, memperlancar pencernaan, menurunkan tekanan darah, kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mengontrol gula darah, memperlancar mentruasi, mengurangi resiko terjadinya kanker dan membantu program diet.

16. LEMON 

Untuk digunakan sebagai vitamin c, vitamin b, mencegah kanker, imunitas, menurunkan risiko stroke, menurunkan kadar kolestrol, mencegah batu ginjal, mencegah bakteri penyebab diare, menjaga kekebalan tubuh dan mengobati kerusakan hati.

17. MANGGIS

Biasanya digunakan untuk mencegah kanker, menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, mengurangi peradangan, memelihara kesehatan sistem pencernaan, obat tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan otak.

18. DAUN BINAHONG 

Bermanfaat sebagai mengatasi masalah kulit jerawat, obat maag alami, obat asam urat, mencegah risiko diabetes, meningkatkan fungsi ginjal, obat hipertensi, obat gatal-gatal, obat anemia, untuk kecantikan, mengatasi komedo, dan cegah penyakit jantung.

19. KUMIS KUCING 

Bermanfaat sebagai untuk mengatasi infeksi ginjal, infeksi saluran kencing pada umumnya dijadikan obat herbal untuk melawan infeksi bakteri, seperti pada luka kulit atau gusi yang bengkak, membantu menurunkan berat badan, mengatur gula darah, merawat kondisi kulit dan anti jamur.

20. TEMU IRENG 

Biasanya digunakan untuk asma, kudis, menambah nafsu makan, baik bagi kesehatan kulit, melancarkan haid, membantu menyembuhkan luka, mengatasi rematik, mengobati ambeien, mengeluarkan racun dalam tubuh, megobati  kencing nanah, membersihkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi otak dan cacing malaria.

Posting Komentar untuk "20 TANAMAN YANG BERKHASIAT UNTUK KESEHATAN"