Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rambut dan Cara Mengatasinya

Rambut merupakan organ tubuh manusia yang memiliki bentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit dengan mengandung banyak keratin.

Rambut dapat muncul dari lapisan epidermis atau lapisan dari kulit terluar dan tentu saja setiap orang pasti tidak terlepas dari masalah rambut, terutama bagi perempuan.

Citra rambut sebagai mahkota perempuan rasanya sangat perlu dijaga untuk tetap memacarkan keindahannya.

Rambut orang indonesia terkenal lebih kuat dan tebal dibandingkan dengan rambut orang Asia Timur dan Tenggara, namun terkadang rambut yang lebih tebal ini dapat menyebabkan masalah.

Untuk itu, kita memerlukan perawatan yang sangat intensif, dan perawatan untuk rambut tentu tidak sembarangan karena merawat rambut sangat bergantung pada jenis rambut dan masalahnya.

Lalu apa saja masalah yang sering terjadi pada rambut manusia pada umumnya dan bagaimana cara mengatasinya?.

MASALAH RAMBUT PADA MANUSIA

1. Rambut Rontok 

Rambut rontok biasanya diawali dengan gejala penipisan rambut, dan penipisan ini terjadi secara tiba-tiba atau bertahap biasanya berlangsung semntara atau juga bisa permanen.

Faktor penyebabnya sangat banyak, bisa juga dari obat-obatan tertentu seperti kemoterapi, pola makan tidak sehat dan setelah melahirkan.

Stres juga mempengaruhi rambut rontok, karena kadar hormon tidak seimbang yang membuat akar rambut terlepas dari tempatnya.

Faktor kerontokan rambut orang memang berbeda-beda, tergantung dari setiap reaksi tubuh masing-masing orang. 

Sedangkan ada faktor yang merupakan kondisi alami yang tidak membahayakan kesehatan yaitu jika rambut rontok terjadi secara bertahap.

Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor keturunan.

2. Rambut Bercabang

Rambut bercabang atau dalam bahasa medis sebagai Trichoptilosis adalah kondisi ketika ujung rambut membelah akibat paparan kimia pada batang rambut. 

Bila diperhatikan, ujung rambut ini terasa kering, rapuh, hingga terlihat terurai menjadi dua bagian.

BACA JUGA : PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Biasanya sangat menggangu penampilan bahkan tak jarang orang merasa kurang percaya diri karena keadaan ini.

Rambut bercabang bisa disebabkan oleh kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan haridryer atau pengering rambut, menyisir rambut secara berlebihan, mencatok rambut, mewarnai rambut, dan juga meluruskan rambut dengan obat-obatan kimia.

3. Rambut Kering

Rambut kering adalah kondisi yang terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak yang cukup untuk melembabkan rambut sehingga rambut menjadi kering. 

Kondisi ini muncul karena batang rambut tidak menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya. Akibatnya rambut menjadi bercabang dan mudah patah.

Kebanyakan dari kita kurang mengerti, bahwa rambut kering ini disebabkan oleh faktor luar dan perawatan yang salah salah satunya adalah paparan bahan kimia seperti penggunaan sampo, pewarna rambut, atau bahan kaporit saat sedang berenang.

4. Rambut Berminyak

Rambut berminyak atau lepek memang cukup mengganggu penampilan, kondisi ini disebabkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Produksi minyak berlebih juga disebabkan oleh perubahan hormon, terlalu sering keramas dan pengaruh dari produk perawatan rambut.

CARA MENGATASINYA

1. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Keramas adalah salah satu rutinitas untuk merawat rambut agar tetap sehat.

Namun, terlalu sering mencuci rambut ternyata dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala sehingga rambut menjadi lepek.

Untuk itu, hindari terlalu sering mencuci rambut, kamu bisa menjadwalkan mencuci rambut seperti dua hari satu kali.

Setelah mencuci rambut/keramas, keringkan rambutmu menggunakan handuk secara pelan-pelan, atau bungkus saja rambutmu dengan handuk hingga kering.

2. Lindungi Dari Paparan Sinar Matahari & Kolam Renang

Bukan hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari paparan sinar matahari, rambutpun juga butuh perlindungan agar tetap sehat.

Pilihlah produk perawatan rambut yang memberikan perlindungan dari sinar matahari selain itu, pakailah topi atau tudung ketika berjalan di siang hari yang terik.

Pastikan kamu menggunakan penutup kepala jika berenang, karena efek dari kandungan kaporit dapat merusak rambut menjadi kusam dan kering.

3. Rutin Memotong Ujung Rambut

Jika masalah rambutmu adalah rambut beracabang, maka solusi ini dapat kamu terapkan yaitu dengan rutin memotong ujung rambut setiap 6-8 minggu, hal ini dapat mengurangi rambut bercabangmu.

4. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Alat Panas Untuk Rambut

Sesekali kamu harus mencoba menata rambutmu tanpa bantuan peralatan seperti blowing drying atau alat pengering rambut, alat catok dan alat-alat pengering rambut lainnya untuk melindungi dan menjaga rambutmu agar tetap sehat.

5. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Lakukanlah pola hidaup sehat, seperti berolahraga, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A dan mineral untuk membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat.

Seperti itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan silahkan cek artikel-artikel lainnya di website ini.

Posting Komentar untuk "Masalah Yang Sering Terjadi Pada Rambut dan Cara Mengatasinya"