Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGURANGI SAKIT KEPALA SECARA ALAMI

Sakit kepala adalah kondisi ketika timbul rasa sakit dan tidak nyaman dikepala, kulit kepala atau leher yang bisa muncul secara bertahap atau mendadak.

Penyakit yang satu ini sangat umum terjadi.Umumnya sakit kepala dapat diobati dengan obat-obatan, Namun beberapa sakit kepala yang dipicu penyakit serius perlu penanganan yang lebih.


Saat terserang sakit kepala, biasanyan akan mengalami rasa sakit disekitar kepala seperti penglihatan terasa buram, serta lebih sensitif terhadap suara dan cahaya.

Namun waspadalah ketika terserang sakit kepala disertai dengan muntah-muntah, leher kaku, kesulitan berbicara, demam tinggi dan salah satu sisi tubuh menjadi lemah atau lumpuh.

Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit yang serius sehingga harus ditangani oleh dokter.

GEJALA SAKIT KEPALA

Sakit kepala terjadi akibat gangguan pada otot tegang dibagian leher dan kepala, kondisi tersebut dipicu oleh kurangnya istirahat/tidur, stres, gangguan kecemasan, dan telat makan.

Selain itu sakit kepala juga dipicu ketika sedang merasakan sakit gigi, sakit telinga, migrain, dan penyakit lainnya.

Sakit kepala/pusing sebenarnya hanya bagian dari meriang atau kondisi kurang enak badan, namun kondisi tersebut justru sering mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan tak jarang membuat pekerjaan terbengkala.

Tak jarang dari kebanyakan orang yang menderita sakit kepala ini memutuskan untuk segera meminum obat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Namun ada juga beberapa orang yang malas mengkonsumsi obat dikarenakan rasa dari obat ataupun takut dengan efek samping di kemudian hari.

PENGOBATAN SAKIT KEPALA

Sebenarnya pengobatan untuk sakit kepala sangat bervariasi, tergantung dari gejala yang dialami dan penyebab sakit kepala yang di rasakan.

Bila tidak ada gejala lain yang berbahaya, sakit kepala dapat diredakan dengan meminum obat-obatan yang terjual bebas atau ramuan herbal.

BACA JUGA : PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Namun jika sakit kepala dirasa mengkhawatirkan segeralah pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

Sakit kepala akibat perlakuan sehari-hari dapat dikurangi nyerinya dengan menetapkan perilaku hidup sehat seperti :

1. Perbanyak Istirahat

Istirahat merupakan perawatan sakit kepala yang efektif, penderita sakit kepala migrain biasanya secara naluriah akan mencari lingkungan yang gelap dan tenang untuk tidur setidaknya untuk beberapa jam sebab tidur ampuh mengurangi atau menhilangkan rasa sakit.

Usahakan beristirahat ditempat yang tenang dan redup sambil memejamkan mata, hindari juga kebisingan

2.  Lakukan Terapi Pijatan Refleksi

Anda bisa melakukan pijat mandiri dengan memijat sekitar pelipis selama beberapa menit, hal tersebut dapat meredakan sakit kepala karena otot tegang yang mungkin disebabkan oleh stres.

3. Hindari Stres

Stres adalah penyebab sakit kepala yang sulit sekali dihindari, untuk meringankan sakit kepala akibat stres, anda bisa melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi atau sekedar santai-santai untuk menghilangkan sakit kepala.

4. Jangan Lewatkan Makan

Sesibuk apapun aktivitas harus selalu perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, karena segala sesuatu yang masuk kedalam tubuh dapat berdampak besar pada sakit kepala, apalagi jangan sampai menunda atau melewatkan makan.
 
Makanan teratur tentunya sangat penting, terutama bagi orang yang menderita sakit kepala karena gula darah rendah.

5. Memakai Ramuan Herbal Buatan Sendiri

Cara mengatasi sakit kepala selanjutnya yaitu dengan memakai ramuan herbal yang dicampur lalu menggosokan pada area tertentu. Adapun ramuan herbal tersebut seperti :
 
Bahan :
  • 1 Buah Jeruk nipis
  • 1/2 buah daun jeruk nipis
Langkahnya : 
  • Jeruk nipis tersebut digerus sampai halus
  • lalu dimasukan kedalam gelas kemudian dicampur dengan perasan air jeruk nipis.
Cara Penggunaan : Gosokan Pada tengkuk, bahu dan pelipis.
 
Seperti itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan silahkan cek artikel-artikel lainnya di website ini.

Posting Komentar untuk "CARA MENGURANGI SAKIT KEPALA SECARA ALAMI"