Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Buah Tomat yang Jarang Diketahui

Tomat disebut makanan super, makanan fungsional dan sangat lezat, Namun buah satu ini sering dipandang sebelah mata dan hanya digunakan sebagai penghias atau pelengkap bumbu masakan saja.

Tomat (Solanum Lycopersicum syn) merupakan tanaman asli dari Amerika Tengan dan Selatan, Meksiko sampai Peru yang memiliki siklus hidup yang sangat singkat dan dapat tumbuh setinggi sampai tiga meter.

Tomat banyak ditemukan diseluruh dunia. Tanaman ini memiliki dua perkaran yaitu perkaran tunggang dan perkaran serabut. 

Buah tanaman ini memiliki bentuk yang bervariasi tergantung dari varietasnya, diantaranya yaitu bentuk bulat, agak bulat, agak lonjong, bulat telur dan persegi.

Warna yang dimiliki dari buah ini juga bermacam-macam, mulai dari warna merah, belang kemerahan, kekuningan sampai warna hijau. 

Daun tomat berbentuk oval pada bagian tepinya bergerigi dan membentuk celah-celah yang menyirip agak melengkung ke dalam.

Rasa dari buah tomat ini adalah asam dan manis sehingga cocok jika digunakan untuk menu makanan ataupun minuman. 

LIHAT JUGA : Cara Mengatasi Gangguan Datang Bulan (Menstruasi)

Serta dibagian dalam tomat terdapat biji tomat yang berwarna putih. Biji tersebut bergerombol dan diselimuti dengan daging buah, Daging buahnya agak lunak dan mengandung banyak air.

Tomat sangat kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, serta zat lain seperti karbohidrat, serat, kalium, fosfor, zat besi, dan protein.

MANFAAT TOMAT UNTUK KESEHATAN

Ternyata manfaat tomat bukan hanya dijadikan sebagai penghias atau pelengkap makanan saja, akan tetapi tomat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Keberadaan Beta karoten dalam tomat memberikan manfaat bagi kesehatan mata yaitu menjaga kesehatan mata. 

Hal ini dikarenakan saat dicerna, beta karoten akan berubah menjadi vitamin A.

Terlebih lagi buah tomat ini juga mengandung vitamin A yang mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya menjaga organ di dalam tubuh, manfaat buah tomat juga dapat dirasakan oleh kulit, sebab beberapa penelitian menyimpulkan, likopen yang terkandung dalam buah tomat melindungi kulit dari kondisi sunburn. 

Itulah mengapa tomat menjadi salah satu bahan penting untuk meracik produk perawatan wajah dan kulit.

3. Meminimalkan Risiko Kanker Prostat

Menurut penelitian ajin mengkonsumsi tomat mampu memangkas risiko terkena kanker prostat hingga 18%. 

Hal ini diperkirakan karena kandungan likopen yang terdapat dalam buah tomat melindungi sel dan kerusakan.

Namun tentunya hal tersebut harus disertai dengan menjalani hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur dan hentikan kebiasaan merokok.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dalam penelitian Current Medicinal Chemistry terbukti mampu mengatasi rusaknya ikatan lemak dalam darah.

Selain itu tomat juga dapat mengendalikan kadar berlebihan lemak dalam darah, yang mampu memicu kondisi terhambatnya pembuluh darah (aterosklerosis), dan menurunkan kadar kolestrol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Selanjutnya yaitu kandungan beta karoten juga dapat mengatasi gangguan proses metabolisme pada tubuh yang ditandai dengan tingginya tekanan darah, tingginya gula darah, tingginya kadar gula darah dan besarnya lingkar pinggang.

BACA JUGA : 

5. Membantu Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah tomat diyakini dapat menurunkan risiko gangguan pada usus, sehingga secara umum bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. 

Kandungan seratnya pun dapat membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot saluran pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi gejala sembelit atau konstipasi.

6. Mengobati Diabetes

Menurut sebuah studi di tahun 2011 membuktikan bahwa mengonsumsi jus tomat setidaknya seminggu tiga kali, dalam waktu 4 bulan dapat mengendalikan kadar darah, lipid, insulin, dan gula di dalam tubuh, artinya buah tomat ini dapat digunakan sebagai obat diabetes.

7. Memenuhi Nutrisi Janin Pada Ibu Hamil

Salah satu manfaat buah tomat yang jarang diketahui adalah adanya kandungan folat yang mampu membantu ibu hamil dalam memenuhi nutrisi janinnya. 

Kandungan folat tersebut merupakan satu diantara nutrisi yang dibutuhkan janin pada proses pembentukan organ-organ tertentu.

Aspan folat bisa mengurangi risiko lahir cacat pada bayi, karena folat bekerja dengan melindungi saraf-saraf pada janin. dengan demikian, bayi bisa lahir dalam kondisi yang sehat.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Buah Tomat yang Jarang Diketahui"