Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Sakit Pinggang & Cara Mengobatinya

Biasanya rasa nyeri pada pinggang dapat beragam, mulai dari sakit pinggang sederhana hingga memiliki sensasi menusuk.

Tentunya rasa sakit pada pinggang sangat menggangu aktifitas sehari-hari dan akan mempersulit pekerjaan.

Untuk itu, kenali dulu penyebab-penyebab sakit pinggang yang biasa terjadi dan bagaimana cara mengobatinya.

Penyebab Sakit Pinggang

1. Penyebab Sakit Pinggang Pada Wanita Saat Haid 

Jangan terlalu khawatir jika kamu mengalami sakit pinggang ketika haid, karena sakit pinggang saat haid merupakan salah satu pertanda PMS alias haid yang terjadi karena perubahan hormon tubuh selama siklus menstruasi.

Nyeri pinggang saat haid biasanya mulai dirasakan dalam waktu 1-2 hari sebelum menstruasi ketik kadar prostaglandin meningkat di lapisan rahim.

Peningkatan prostaglandin inilah yang memicu rahim berkontraksi agar meluruhkan dindingnya.

LIHAT JUGA : PENYEBAB DAN CARA MENGOBATI SAKIT GIGI

Sakit Pinggang yang terjadi saat Haid biasanya bersifat ringan dan tidak berlangsung secara terus-menerus.

Namun semakin banyak prostaglandin yang diproduksi, maka efek sakit pinggang akan semakin kuat dan bahkan mungkin menjalar hingga ke punggung dan sekujur kaki.

2. Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan duduk terlalu lama dan menghabiskan waktu di depan layar komputer atau handphone sama-sama memiliki dampak buruk pada tubuh karena membuat punggung menjadi tidak selaras.

Artinya, punggung mudah terasa kaku yang akhirnya menyebabkan sakit hingga ke area pinggang.

Salah posisi saat duduk atau kursi yang diduduki tidak nyaman juga terkadang menjadi penyebab Sakit Pinggang.

3. Cedera Otot

Jika kamu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau melakukan aktivitas lain seperti mengangkat benda berat sakit pinggang mungkin saja terjadi.

Pasalnya kedua aktivitas tersebut berpotensi membuat otot-otot di tubuh anda tertarik secara berlebihan sehingga cedera bisa saja terjadi.

Tak hanya itu, otot di area pinggang mungkin saja mengalami trauma fisik seperti kecelakaan mobil dan jatuh.

Sehingga otot menekan tulang belakang dan berpotensi menyebabkan bantalan untuk tulang pada area pinggang pecah.

Selain itu, sakit pinggang juga dapat terjadi akibat gangguan pada organ di bagian belakang seperti : 

Peradangan pada sendi di tulang belakang, saraf ke jepit akibat penonjolan bantalan tulang belakang (Hernia Nukleus Pulposus), pengikisan bantalan tulang belakang akibat proses penuaan dini, kelainan pada lengkung tulang belakang seperti kifosis, lordosis, atau skoliosis.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit Pinggang yang muncul pasti membuat kamu merasa tidak nyaman apalagi sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun tidak perlu khawatir jika kamu sedang mengalami sakit pinggang karena ada banyak cara untuk mengatasinya seperti :

1. Kompres Menggunakan Air Hangat / Air Dingin

Kamu dapat mengompres pinggang menggunakan air hangat/air dingin, hal tersebut adalah cara efektif untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang.

Dilansir dari liputan6.com seorang profesor di university of  Maryland School of Medicine mengatakan bahwa mengompres pinggang baik menggunakan air dingin selama 24-48 jam (1-2 hari) setelah cedera dapat mengurangi peradangan.

Setelah 48 jam, kamu dapat beralih ke kompres panas, namun jika setelah melakukan kompres dan nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

2. Aktivitas Fisik (Berolahraga)

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat membantu otot menjadi lebih lentur dan mengurangi risiko cedera.

Adapun jenis olahraga yang dapat membantu adalah aerobik, fleksibilitas dan latihan kekuatan dengan waktu kurang lebih 20-30 menit.

Olahraga air seperti berenag adalah cara efektif untuk mengobati sakit pinggang sebab olahraga di dalam air termasuk jenis aktivitas low impact exercise.

3. Lakukan Pijat Refleksi

Pijat refleksi merupakan salah satu teknik pengobatan tradisional, jika kamu merasakan sakit pinggang, pegal maupun lelah, pijat refleksi mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengatasi hal tersebut.

Berbeda dengan metode pijat biasa atau urut, pijat refleksi berfokus pada beberapa titik dibagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, dan telinga.

Karena ahli pengobatan meyakini bahwa titik-titik tersebut berhubungan dengan semua saraf organ internal di dalam tubuh.

Kamu bisa mencoba melakukan pijat refleksi seperti gambar dibawah ini:


4.Minum Obat Herbal

Untuk menyembuhkan sakit pinggang gunakannlah 3 lembar daun sirih dan 1 sendok makan daun sirih, kemudian tumbuklah sampai halus.

Kemudian masukkannlah kapur sirih dan daun sirih yang sudah dihaluskan kemudian endapkan, setelah selesai di endapkan minumlah 2x sehari setelah makan.

bisa juga dengan menggunakan1 potong jahe, 2 lembar daun laos yang muda dan 20 lembar daun bunga selasih.

BACA JUGA : 

Semua bahan tersebut dicampurkan menjadi satu dan tuangkan sedikit air panas lalu diaduk hingga rata dan setelah ramuannya jadi dapat dilulurkan sebagai bobok pada bagian yangterasa sakit.

5. Minum Obat Dokter

Jika pinggang terasa sakit, penanganan awal yang bisa dilakukan yaitu beristirahat sejenak, mengompres air dingin dan berbaring dengan menaruh bantal di bawah pinggang agar posisi pinggang lebih tinggi dari dada. 

Namun jika hal tersebut tidak membaik sampai kurung waktu 2 hari, maka cobalah mengonsumsi obat dokter atau pergi memeriksa diri ke dokter.

Kamu bisa mengonsumsi obat sakit pinggang untuk mengatasi nyeri, beberapa jenis obat sakit pinggang yang bisa digunakan adalah :

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS)
  • Antidepresian
  • Obat antikejang
  • Pelemas Otot
Adapun obat-obat diatas hanya boleh diminum sesuai resep dokter dan digunakan untuk jangka pendek serta tidak disarankan untuk dikonsumsi hingga lebih dari 6 bulan.
 
Seperti itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan silahkan cek artikel-artikel lainnya di website ini.

Posting Komentar untuk "Penyebab Sakit Pinggang & Cara Mengobatinya"