Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 manfaat mengkonsumsi sayuran

  

 

 

 

 


 

 

1. MENJAGA KESEHATAN TULANG 

Sayur bayam memiliki kandungan nutrisi vitamin K, dengan adanya vitamin K maka manfaat untuk kesehatan tulang akan sangat terasa. 

Belum lagi di dukung dengan adanya mineral seperti magnesium yang terkandung dalam sayur bayam. 

2. MENSTABILKAN TEKANAN DARAH 

Sayur bayam juga memiliki manfaat untuk menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh kita. 

Dengan memiliki tekanan darah yang stabil maka secara tidak secara langsung juga menurunkan risiko penyakit jantung agar kita tidak mudah terkena penyakit tersebut.

3. MENJAGA KESEHATAN MATA 

Manfaat bayam yang terkenal adalah kaya akan zeaxanthin dan luein. 

Dua kandung tersebut merupkan karotenoid yang menyebabkan munculnya warna pada beberapa sayuran.  

Zeaxanthin dan lutein, bersama dengan vitamin A, C dan E, telah ditemukan dalam penelitian.

4. MENGURANGI STRES OKSIDATIF 

Salah satu manfaat sayur bayam adalah kemampuannya untuk mengurangi stres oksidatif.

Antioksidan bayam membantu melawan stres dan mengurangi efek samping radikal bebas. 

Sebuah penelitian terhadap 8 orang menemukan oleh eksperimen hewan dan manusia.

5. MENCEGAH ANEMIA 

Zat besi pada sayur bayam sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. 

LIHAT JUGA : TIPS MENGURANGI DAMPAK RADIASI HANDPHONE

Tanpa zat besi yang cukup, hemoglobin dan protein yang terlibat dalam distribusi oksigen dalam tubuh tidak dapat diproduksi dalam darah. 

Anemia defisiensi besi dapat dihindari jika kebutuhan besi kebutuhan besi harian selalu terpenuhi.

6. MEMPERLANCAR BUANG AIR BESAR 

Buang air besar atau BAB adalah proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap tubuh, namun ada kalanya proses ini terhambat karena faktor gaya hidup dan sebagainya. 

Untuk mengatasi masalah seperti ini sayuran dan buah-buahan berguna untuk memberikan asupan serat pada organ pencernaan kita.

Sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi antara lain bayam, kubis, wortel, pepaya, kacang-kacangan dll.

7. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG & KANKER 

Penyakit serangan jantung dan kanker bisa dikatakan sebagai dua penyakit mematikan di dunia, selain disebabkan pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini dapat disebabkan juga oleh beban kerja yang terlalu berat.

Sebelum terserang penyakit ini tidak ada salahnya kita melakukan pencegahan dengan banyak mengkonsumsi sayuran untuk meminimalisir penyakit ini menyerang kesehatan kita.

Sayuran terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker adalah lobak, labu dan jamur, bisa juga paprika merah dan bayam yang berguna untuk melemahkan benih kanker dalam tubuh seseorang.

8. SUMBER ENERGI TUBUH 

Menyantap sayuran adalah cara terbaik untuk mendapatkan energi dan membuat tubuh sehat dan langsing.

Sayuran tidak membuat orang gemuk, melainkan membuat orang lebih energik dan aktif dalam kegiatan keseharian, sayuran juga membuat tubuh kita lebih ringan dari pada kita mengkonsumsi daging. 

Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan energi tinggi antara lain  kentang, beras merah, kacang-kacangan dan pisang.

9. MENCEGAH KELAHIRAN BAYI CACAT 

Sayuran juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan dan juga mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat asam folat sayuran memberikan sumber zat besi terbaik seperti yang terkandung dalam kacang-kacangan dan seral. 

Singkatnya adalah ketika seroang  Ibu diet sayuran sehat selama masa kehamilan maka sama dengan membantu kesehatan janin, nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil diantaranya Vitamin B12, asam lemak omega 3, vitamin D dan asam folat.

10. MEMBUAT KULIT SEHAT 

Banyak sayuran mengandung air 85% sampai 95%, yang membantu melembabkan kulit dan mengurangi keriput. 

Dan fitonutrien yang ditemukan di semua sayuran dapat mencegah penuaan dini dengan mencegah kerusakan sel dari stres, matahari, polusi dan racun lingkungan lainnya.

Menurut studi, sayuran berwarna cerah merah dan oranye seperti tomat, wortel dan brokoli mengandung beta karoten yang dapat memberikan cahaya yang sehat karena melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. 

Demikian pula, lycopene, yang ditemukan dalam sayuran berwarna merah seperti tomat, juga berguna sebagai tabir surya alami.

11. MENJAGA IMUNITAS TUBUH 

Selain itu, manfaat lain dari makan sayur secara konsisten adalah menjaga imunitas tubuh. 

Di tengah kondisi seperti sekarang ini, sangat diperlukan imunitas yang baik untuk tubuh. 

Kandungan mineral, vitamin, serat, dan karbohidrat mampu menjaga kekebalan tubuh, termasuk vitamin C yang mengurangi risiko infeksi dan bersifat antioksidan juga.

12. MEMBERSIHKAN RACUN DALAM TUBUH (DETOKSIFIKASI) 

Mengkomsusi sayuran adalah cara terbaik untuk menghilangkan efek polusi di dalam kita yang memang secara alami menetralisir racun dalam organ dalam melalui proses yang dinamakan detosifikasi. 

Nah, untuk membuat proses ini biasa berjalan sempurna, selain dengan tidur yang sempurna 7-8jam sehari dan banyak minum air putih juga harus dilindung dari pencermaran itu sendiri untuk memberikan gizi yang diperlukan oleh tubuh kita 

Contohnya mencuci sayuran sebelum dikonsumsi untuk menghindari zat-zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di bagian luar sayuran dan buah-buahan.

13. MEMPERTAHANKAN BERAT BADAN SEIMBANG 

Jika ingin menyingkirkan masalah berat badan atau kamu sedang menjalani progam diet, sangat dianjurkan mengkomsumsi banyak sayuran selain buah-buahan.  

Karena sayuran dan buah-buahan kaya sumber serat yang bebas lemak dan rendah kalori, sehingga dapat membantu mengatasi masalah obesitas. 

Sayuran untuk diet terbaik adalah tomat, brokoli, wortel, ubi jalar, terong, bawang, ubi jalar, bayam, paprika.

14. MENCEGAH DAN MENGURANGI STRESS BERLEBIHAN 

Dengan kandungan nutrisinya, Sayuran sapat menstimulasi berbagai jenis hormone dan kelenjar di dalam tubuh kita sehingga merangsang mood anda untuk selalu merasa senang dan bahagia. 

Sayuran dan buah-buahan yang dapat mencegah stres antara lain adalah ubi, sayuran hijau, tomat, labu, jamur, paprika, buncis, kacang merah dll.

15. MENINGKATKAN FUNGSI OTAK 

Sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan seperti brokoli, kacang hijau, kubis, avokad, asparagus, bayam, kale semuanya kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9. 

Folat dikenal untuk mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia, meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak secara keseluruhan.

16. BAIK UNTUK GULA DARAH 

Sayur memiliki kalori yang rendah, tinggi dan kaya nutrisi. 

Beberapa dari jenis sayuran pun rendah gula, meskipun begitu, memang tidak semua sayuran cocok untuk penderita diabetes. 

BACA JUGA :

Kriteria dari sayur yang aman bagi penderita diabetes adalah indeks glikemik rendah, dan mengandung nitrat, protein dan serat. 

Salah satu jenis sayur yang baik bagi penderita gula darah adalah mentimun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mentimun dapat menjaga kestabilan dan menurunkan gula darah.

17. MENDUKUNG KESEHATAN MATA 

Kesehatan mata pun dapat terbantu dengan mengonsumsi sayuran secara rutin. 

Tidak hanya wortel, lho. Ada berbagai jenis sayuran lain yang memliki khasiat ini. 

Karotenoi yang biasa ditemukan di bayam, brokoli dan jagung dapat mengurangi risiko degenerai macula, yang adalah ganguan penglihatan pada orang tua.

18. TINGGI AKAN SERAT 

Kebutuhan kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, makanan yang kaya potasium bisa jadi pilihan makanan yang tepat untuk kamu. 

Sebab, potasium dapat  membantu mengurangi efek buruk dari makanan dengan kandungan garam berlebih untuk yang memiliki tekanan darah tinggi. 

Sayuran yang mengandung porasium antara lain bayam dan bit.

29. MENURUNKAN RISIKO PENYAKIT JANTUNG 

Makin banyak jumlah rata-rata konsumsi buah dan sayuran perhari, maka peluang terjadi penyakit kardiovaskular menjadi makin rendah. 

Pada sebuah penelitian didapatkan bahwa orang yang menjalani diet buah-buahan atau mengonsumsi rata-rata delapan atau lebih takaran saji buah dan sayur perhari, berpeluang 30 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa buah yang paling penting kontribusinya untuk menurunkan risiko penyakit  jantung  adalah jeruk, lemon, limau, dan anggur. 

Sedangkan jenis sayurannya adalah sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, kibis, dan selada.

Posting Komentar untuk "19 manfaat mengkonsumsi sayuran"