Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penyakit Anemia Beserta Penyebab dan Gejalanya

Penyakit anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal.

Selain itu, anemia terjadi ketika hemoglobin di dalam sel-sel darah merah tidak cukup, seperti protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah.

Berikut ini jenis-jenis penyakit anemia :

1. Anemia Aplastik

Anemia yang disebabkan pada saat kondisi tubuh berhenti memproduksi cukup sel darah merah yang baru.

Akibatnya terjadi kerusakan atau kelainan pada sumsum tulang anda.

2. Anemia Defidiensi zat besi

Anemia ini terjadi akibat kurangnya kadar zat besi dalam darah.

LIHAT JUGA : INILAH CARA MENGOBATI PANAS DALAM

3. Anemia Vitamin

Anemia ini terjadi ketika tubuh kekurangan asupan vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah sehat, seperti B12, B9 atau folat, dan vitamin C.

4. Anemia Sel Sabit

Anemia ini disebabkan oleh kerusakan genetik pada gen pembentuk hemoglobin dalam darahyang mengakibatkan anda mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki.

5. Anemia Thalasemia

Anemia ini terjadi ketika tubuh memuat bentuk hemoglobin yang tidak normal yang mengakibatkan sel-sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan benar dan tidak membawa cukup oksigen.

6. Anemia Defisiesi Glukosa-6fosfat Dehydrogenase (G6PD)

Anemia ini terjadi ketika sel darah merah kehilangan enzim penting yang disebut G6PD yang menyebabkan sel-sel darah merah pecah dan mati ketika bersentuhan dengan zat-zat tertentu dalam aliran darah.

 
7. Anemia Hemolitik Autoimun (AHA)

Anemia ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh keliru mengenali sel darah merah sehat sebagai sesuatu yang mengancam. Akibatnya, antibody bereaksi untuk menyerang dan menghancurkannya.

8. Anemia Fanconi

Anemia yang disebabkan oleh gangguan darah di mana sumsum tulang tidak membuat sel-sel darah yang cukup atau membuat jenis sel-sel darah abnormal. Kondisi ini dapat menurun dalam keluarga.

BACA LAGI : 

9. Anemia Sideroblastik

Anemia yang disebabkan oleh sumsum tulang yang menghasilkan sel darah imatur (sideroblas) berbentuk cincin, bukannya kepingan cakram seperti sel darah merah yang sehat (eritrosit).

10. Diamond Blackfan Anemia (DBA)

Anemia yang disebabkan oleh kelainan darah langka, biasanya di diagnosis pada anak-anak selama satu tahun pertama hidupnya. Anak-anak dengan DBA tidak membuat cukup sel darah merah.

Inilah beberapa jenis penyakit anemia beserta penyebabnya semoga dapat menjadi refrensi dalam 

Posting Komentar untuk "Mengenal Penyakit Anemia Beserta Penyebab dan Gejalanya"