Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Alang-alang dan Manfaatnya

Alang-alang (Imperata Cylindrica L) adalah rumput liar yang diketahui memiliki banyak manfaatnya. Alang-alang tersebar luas hampir diseluruh daerah khususnya daerah tropis seperti di daerah Asia Tenggara.

Alang-alang dianggap sebagai gulma atau rumput yang tidak di inginkan pada pertanian. 

Namun ternyata tanaman ini memiliki berbagai manfaat seperti sebagai penyeimbang tanah, makanan hewan, bahan baku kertas dan digunakan sebagai obat-obatan.

LIHAT JUGA : 8 Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Jantung

Tanaman ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda disetiap daerah, Di daerah Jawa Barat (Sunda) alang-alang dikenal dengan sebutan eurih, di Madura disebut lalang atau kaut, di Sumatera Barat (Minang) dikenal dengan nama hilalang.

Ciri Tanaman Alang-alang

Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup, memiliki warna hijau, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak agak kasar, Sedangkan bunganya mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak menguncip.

Tangkai bunga alang-alang biasanya berdiameter 1-3 mm pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam. 

Anda harus berhati-hati jika hendak mendekat dan bersentuhan dengan tanaman alang-alang ini, karena daunnya dapat melukai dan menimbulkan rasa gatal pada kulit.

Alang-alang merupakan tanaman yang rimpangnya tumbuh memanjang dan bercabang-cabang di tanah pada kedalaman 0-20 cm. 

Alang-alang ini berakar serabut, tumbuh dari pangkal batang dan ruas-ruas pada rimpang.


Manfaat Tanaman Alang-alang

Meskipun tumbuh sebagai tanaman parasit yang mengganggu tanaman disekitarnya tapi pada kenyataannya taman langka ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya alang-alang saja yang banyak menfaatnya, akar alang-alang pun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. 

Hal ini disebabkan karena didalam akar alang-alang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai pengobatan dan digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. 
 
Beberapa manfaat alang-alang bagi kesehatan tubuh sebagai berikut :

1. Sebagai Obat  Mimisan

Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan akar alang-alang yang masih segar dan bersih, Kemudian  tumbuk akar alang-alang tersebut dan peraslah, Lalu pakailah sari dari perasaan alang-alang tersebut untuk kemudian dipakai.

2. Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Keputihan adalah salah satu masalah yang dialami wanita, dan ada baiknya memang memanfaatkan obat tradisional untuk menanganinya.

Cara Menggunakannya yaitu rebuslah akar alang-alang bersama dengan daun pepaya dan pulasari,  Kemudian minumlah secara rutin sebanyak 2 x sehari (Siang & Malam), Ramuan ini dipercaya dapat mengurangi keputihan.

3. Sebagai Obat Hipertensi 

Ekstrak etanol dalam alang-alang memiliki sifat antihipertensi yang dapat digunakan untuk mengobati hipertensi.

Cara menggunakannya yaitu cobalah rutin meminum rebusan akar alang-alang secara rutin untuk meredakan penyakit.

4. Bantu Atasi Kencing Manis

Akar alang-alang memang sangat ampuh dalam mengobati masalah yang berhubungan dengan kencing, salah satunya adalah ampun dalam mengobati kencing manis.
Caranya adalah siapkan akar alang-alang yang sudah dicuci bersih, lalu potong kecil-kecil dan rebuslah bersama dengan dua gelas air. 

Setelah mendidih, tuang kedalam gelas dan minumlah rebusan air tersebut selagi masih hangat, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Sebagai Obat Muntah Darah

Menurut beberapa ahli kandungan yang terdapat dari akar alang-alang terbukti dapat mengatasi muntah darah.

Cara membuat ramuanya yaitu siapkan 30 sampai 70 gram akar alang-alang lalu potonglah kecil-kecil, selanjutnya campurkan dengan tiga gelas air dan rebuslah sampai tersisa kira-kira satu gelas air saja.

Minumlah air tersebut secara rutin hingga muntah darah berkurang atau bahkan sembuh total.

Selain itu manfaat alang-alang juga dapat menurunkan air seni, pereda rasa nyeri dan menurunkan darah tinggi dengan cara menyiapkan 20-30 gram akar /rimpang alang-alang dan direbus dengan 4 gelas air panas lalu diminum selama 3 hari sekali masing-masing setengah gelas.

Itulah beberapa manfaat, kegunaan, beserta pengenalan tanaman alang-alang yang baik unttuk kesehatan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Alang-alang dan Manfaatnya"