Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat (Persea Americana) dikenal dengan buah ajaib, karena memiliki kandungan lemak yang tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah lainnya.

Buah yang diyakini berasal dari Amerika Tengah ini dikenalkan ke Indonesia oleh Hindia Belanda sekitar tahun 1920-1930.

Dimana pada saat itu, Belanda membawa alpukat ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lemak masyarakat yang tinggal di pengunungan.

Buah berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk jus atau bahan dalam es campur maupun hidangan lainnya.

Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyukainya selain rasanya yang enak, buah alpukat tentunya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

LIHAT JUGA : TIPS MENGURANGI DAMPAK RADIASI HANDPHONE

Bahkan buah ini kerap dijadikan menu diet bagi mereka yang berhasrat menurunkan berat badan.

Pembudidayaan buah alpukat yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia membuat alpukat dikenal dengan nama yang agak berbeda. 

Seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebut alpukat dengan sebutan alpokat, sedangkan di Lampung disebut pookat, di Batak disebut jambu pokat.

Alpukat sendiri merupakan sebutan umum bagi orang Indonesia.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat bergizi karena mengandung berbagai macam nutrisi termasuk vitamin dan mineral.

Berikut kandungan yang terdapat dalam alpukat :

  1. Vitamin, Buah alpukat memiliki berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C dan vitamin K.
  2. Protein, Jumlah protein yang terdapat dalam 100 gram buah alpukat sebesar 0,90 gram. 
  3. Lemak, Kandungan lemak yang ada di dalam alpukat terdiri dari asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh. Asam lemak tidak jenuh mengandung asam oleat dan linoleat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  4. Karbohidrat, Setiap 100 gram buah alpukat memiliki kandungan karbohidrat yang lumayan bisa mengganjal perut saat sedang dilanda lapar.
  5. Mineral, Beberapa jenis mineral yang terdapat dalam buah alpukat antara lain 10 mg kalsium, 20 mg fosfor, dan 1 mg zat besi, ada juga kalsium, potasium dan sodium.
  6. Senyawa Antioksidan, buah alpukat memiliki beberapa senyawa antioksidan seperti saponin, alkaloid dan flavonoid yang sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam sistem kekebalan tubuh sebagai bahan di dalam produk kecantikan.
Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung kerap kali dikaitkan dengan tingkat kolestrol dalam tubuh. Karena jumlah kolestrol yang tinggi bisa membuat pembuluh darah menyempit dan menghalangi aliran darah ke jantung.

Mengonsumsi buah alpukat terutama untuk orang dewasa, kemungkinan memiliki kesehatannya lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Orang-orang yang mengonsumsi alpukat biasanya memiliki pola makan sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula.

2.   Membantu Menurunkan Berat Badan

Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan lemak dan seratnya. Dan kandungan tersebut membantu mengecilkan bagian lingkar pinggang.

BACA JUGA :
Secara keseluruhan, alpukat adalah makanan yang sehat, mengonsumsi buah ini dapat menurunkan berat badan dan mengurangi kolestrol.

3. Membantu Merawat & Meremajakan Kulit

Tak hanya untuk dimakan, buah alpukat juga kerap kali di gunakan untuk membuat masker wajah.

Hal ini dikarenakan dalam bual alpukat terdapat kandungan antioksidan dan vitamin C yang membantu merawat kulit terlihat awet muda.

4. Menangkal Radikal Bebas Dalam Tubuh

Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

5. Mengurangi Stress

Sama halnya dengan coklat, alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat stres, karena memiliki kandungan asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin A dan nutrisi penting lainnya.

Asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan suasana hati, menurunkan stres dan depresi serta kecemasan.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan"